Kerajinan Relief Tembaga dan Kuningan dari Sisi Sindoro Sumbing

0
574

Temanggung – Kabupaten Temanggung yang wilayahnya didominasi oleh perbukitan ternyata kaya akan potensi industri kecil aneka kerajinan tangan yang inovatif dengan daya kreatifitas yang cukup tinggi.

Salah satu contoh kerajinan tangan yang tak kalah menarik dikabupaten Temanggung adalah kerajinan kuningan tembaga berupa lembaga relief tembaga kuningan yang berada didesa rejosari,soropadan pringsurat temanggung. Relief tembaga dan kuningan di rejosari antara lain membuat relief pemandangan alam, binatang, manusia, cerita pewayangan, ayat-ayat suci al-Qur’an atau kaligrafi dan beberapa relief unik menarik khas temanggung

Bisa dibayangkan, proses pembuatan kerajinan relief tembaga dan kuningan tersebut tentu selain memakan waktu dan biaya, juga perlu curahan pemikiran melalui imajinasi dan ide kreatif dari kreatornya. Di sinilah olah rasa dan cita rasa seni berpadu, kemudian disandingkan dengan keterampilan untuk dituangkan dalam hasil akhir yang menawan

Seni pahat dan ukir pada lembaran tembaga menjadikan karya seni yang menawan. Kerajinan relief tembaga dan kuningan ini sudah lama ditekuni oleh Rukeni Dhani asal Pakisdadu Kecamatan Pringsurat, tepatnya sejak tahun 1978. Pringgodani Art nama perusahaan miliknya mampu memproduksi kerajinan relief tembaga 150 buah per bulan. Hasil karyanya berupa relief kaligrafi dan lukisan. Sedangkan bentuk lainnya berupa lampu gantung, pot, dan bokor. Hasil produksi itu dijual dipasaran dengan harga antara Rp. 75.000,- hingga Rp. 1.500.000,- per buah.

Pemasarannya pun mampu menerobos luar negeri, Pringgodani Art memiliki 25 tenaga kerja dan sales sebanyak 90 orang. Ketekunannya menekuni karya seni ini membuahkan prestasi berupa penghargaan Komite Nasional Pencanangan Tahun Micro Kredit Internasional Tahun 2005 dari 800 pengusaha ia menduduki rangking dua. Upaya warga Pringsurat ini berhasil mamacu lingkungannya menjadi sentra kerajinan tembaga.

Relief Tembaga dan kuningan merupakan kerajinan yang bahan bakunya tembaga atau kuningan dalam bentuk lembaran. Relief Tembaga dan kuningan ini mempunyai mutu baik karena dikerjakan secara teliti dan didukung dengan desain, proses sampai pada finishing yang memperhatikan nilai seni.

Bulan Syawal biasanya menjadi berkah bagi pengusaha kerajinan kuningan. Pasalnya, usai Lebaran ini seiring mulai bergeliatnya roda perekonomian masyarakat, banyak pula pesanan dari konsumen. Kalau di bisnis kerajinan kuningan atau tembaga ramainya usai Lebaran atau saat Syawal. Sebabnya, karyawan dan sales sudah mulai kerja. Barang pesanan juga kebanyakan untuk oleh-oleh Lebaran bagi pemudik untuk di bawa ke tanah perantauan. Menjelang bulan Puasa biasa pesanan mulai datang dari berbagai daerah, seperti Jambi, Jakarta, Makasar, Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Palembang dan lain-lain.

TINGGALKAN KOMENTAR