Ukiran Kayu Jati Unik dari Limbah Kayu Bojonegoro

0
1629
ukiran kayu jati Bojonegoro

Bojonegoro terkenal dengan makanan dan objek pariwisata, dan tentu saja ada juga furnitur dan produk kerajinan yang juga menadi produk terkenal dari daerah Bojonegoro. Bojonegoro yang juga dikenal sebagai salah satu produsen kayu jati di pulau Jawa, karena Bojonegoro memiliki hutan jati besar dan lebar. Jadi, tidak mengherankan jika kabupaten ini memiliki banyak furnitur dan industri kerajinan yang terbuat dari kayu jati.

Desa Batokan, kec. Kasiman Adalah Sentra Kerajinan ukiran Kayu Jati asal asli dari Bojonegoro , Konon Produksi Replikan Harley Davidson pertama kali dibuat di Desa ini , namun finishingnya di Yogyakarta , aneka kerajinan Batokan banyak di beli oleh pedagang souvenir dari Bali, Yogya dan Jepara, yang pada akhirnya kerajinan tersebut menjadi souvenir khas daerah bali, Yogyakarta atau Jepara, demikian padahal pengrajin aslinya berasal dari Desa Batokan

Usaha kerajinan souvenir kayu ini berbeda dengan kerajinan ukiran kayu jati pada umumnya. Jika kebanyakan produsen atau pengrajin ukiran menggunakan bahan kayu jati yang baru,maka pengrajin ukiran di desa ini mengandalkan bahan baku dari limbah kayu jati yang berasal dari kawasan hutan di Kecamatan Kasiman dan Kedewan.

Penggunaan limbah kayu jati sebagai bahan kerajinan memiliki satu sisi minus yang harus diatasi untuk keberlangsungan kerajinan tersebut, yaitu adalah keberadaan stok limbah kayu yang harus selalu kontinyu. Belakangan pengrajin mengeluhkan semakin susah didapatnya bahan baku kerajinan berupa limbah kayu jati. Di sisi lain karena materialnya merupakan limbah harganya menjadi tidak mahal, sekitar Rp 2 juta per meter kubik. Produk kerajinan ukiran kayu jati tersebut dijual Rp 15.000- Rp 500.000 sesuai barang dan kerumitan menggarap.

Kalau di Margomulyo banyak perajin yang membuat kerajinan akar kayu jati, tetapi kalau di Kasiman ini perajin membuat produk souvenir kayu yang ukurannya lebih kecil. Misalnya membuat vas bunga, tempat buah, tempat lampu, tempat air minum, kaligrafi, asbak, tempat pulpen, toples dan lainnya. Dan kerajinan ukiran kayu jati ini benar benar unik, Karena dibuat berdasarkan imajinasi semata, tanpa pola, tidak ada karya yang benar- benar persis, Ukurannya pun biasanya tidak sama. Hal ini menjanjikan keunikan per produknya yang tidak akan memiliki produk yang sama antara satu dengan lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR