Kabupaten Klungkung, Salah Satu Sentra Kerajinan Bali

0
1486
Sentra Kerajinan di Bali
Ilustrasi

Kabupaten Klungkung, satu dari 8 kabupaten yang ada di Bali dengan luas 315 kilometer persegi. Kabupaten terkecil yang terletak di bagian selatan Pulau Bali. Beberapa pulau yang dimiliki oleh kabupaten ini adalah Nusa Penida, Ceningan dan Lembongan. Memiliki 4 kecamatan yaitu kecamatan Klungkung, kecamatan Dawan, kecamatan Banjarangkan dan kecamatan Nusa Penida.

Pada abad XIV, Klungkung merupakan pusat kerajaan di Bali. Bahkan luas wilayah kerajaan Klungkung sampai ke Blambangan Jawa Timur. Pada abad ke 14 sampai abad 17 Kerajaan Klungkung mengalami zaman kejayaan. Seni, adat, budaya dan Niaga berkembang dengan pesat. Ini ditandai dengan banyaknya hasil kerajinan Klungkung yang diperdagangkan keseluruh Bali ataupun keluar Bali. Kini seni budaya berupa hasil kerajinan Klungkung masih tetap lestari, bahkan Klungkung juga dianggap sebagai salah satu sentra kerajinan di Bali.

Hasil-hasil kerajinan dari Klungkung beraneka ragam. Di Klungkung bisa dijumpai beberapa macam jenis kerajinan sebagai berikut:

  1. Kerajinan Tenun
  2. Kerajinan Logam
  3. Kerajinan Kayu
  4. Lukisan

Kerajinan tenun memiliki variasi produk seperti tenun songket, tenun rangrang, tenun cepuk, dan tenun endek. Semua jenis kerajinan ini masih bisa dijumpai di Kabupaten Klungkung. Kerajinan tenun dari Klungkung sudah banyak tersebar ke berbagai wilayah Indonesia. Banyak dijadikan bahan kombinasi untuk produk kerajinan lainnya, misalnya tas kulit campuran tenun rangrang.

Kerajinan logam di kabupaten Klungkung juga dapat dijumpai dalam berbagai bentuk dan rupa. Mulai dari gong, genta, hiasan perak, emas, uang kepeng tersaji dengan rapi. Mencari karya kerajinan ini tidaklah sulit di Klungkung. Berbagai macam hasil kerajinan terpampang dengan rapi dibanyak tempat.

Demikian pula kerajinan kayu maupun batok kelapa dapat ditemukan dalam berbagai pernak-pernik kayu dan batok kelapa yang dihasilkan. Sedangkan Kerajinan lukisan Kamasan adalah Kerajinan Klungkung tentang lukisan kamasan yang khas tidak ada duanya di dunia. Lukisan kamasan selain tersaji di media kanvas bisa juga dijumpai dilihat dalam kerajinan kipas, dompet, dan pernak-pernik kayu lainnya.

Kerajinan dari Klungkung ini banyak terdapat pula di hotel-hotel, sudut kantor pemerintahan maupun gedung-gedung lainnya. Ini menandakan bahwa kerajinan dari Klungkung sudah sangat dikenal di masyarakat, baik masyarakat Bali maupun Indonesia. Ini menjadikan Klungkung merupakan salah satu sentra kerajinan di Bali.

Penjualan kerajinan Klungkung juga sudah merambah ke dunia online, dengan menggunakan alamat www.kerajinanklungkung.com, dengan dukungan dari Perusahaan Daerah Nusa Kertha Kosala Pemerintah Kabupaten Klungkung bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda ) Kabupaten Klungkung organisasi yang menaungi pengrajin Klungkung menjual kerajinan Klungkung.

Harga-harga produk sentra kerajinan Klungkung ini bermacam-macam. Tergantung jenis kerajinan, bahan serta kualitas produk kerajinannya. Dari mulai Rp. 60.000,- hingga Rp. 8.000.000,- lebih. Sebuah tempat yang layak untuk disinggahi dan situs webnya bisa menjadi bagian referensi untuk mencari produk kerajinan dari Bali.

TINGGALKAN KOMENTAR