Hidup Lebih Bahagia dan Bebas Stres Dengan Hobi Kerajinan

0
315
hilangkan stres dengan hobi kerajinan

Stres, depresi, dan cemas, semua itu memang jadi bagian dari kehidupan dan keseharian kita. Kalau bisa mengatasinya dengan baik, hidup bisa lebih baik. Hanya saja kadang saat sudah memiliki perasaan tertekan, mengatasi itu semua terasa sangat sulit.

Ada banyak cara untuk bikin hidup lebih bahagia dan bebas stres. Salah satu cara termudahnya adalah dengan memiliki hobi kerajinan tangan. Kerajinan tangan ini bisa bermacam-macam jenisnya. Mulai dari merajut, membuat karya dari barang bekas, hingga membuat aksesoris dari berbagai manik-manik.

Seperti yang pernah kita bahas di ulasan sebelumnya tentang Manfaat Hobi Kerajinan Tangan

Menjaga Fungsi Otak

Seperti yang dikutip oleh lifehack.org, ada sejumlah penelitian yang menyebutkan bahwa hobi  kerajinan ini bisa bantu melindungi otak dari kerusakan karena penuaan. Ritme aktivitas bikin kerajinan tangan yang berulang bisa dibilang mirip dengan meditasi yang bisa membawa kita ke kondisi tenang. Manusia pada dasarnya hanya bisa fokus pada satu hal dalam satu jangka waktu tertentu.

Dengan memilih untuk membuat pikiran sibuk dengan membuat kerajinan tangan, kita melindungi pikiran dari hal-hal yang membuat kita kacau. Saat membuat kerajinan tangan, kita bisa membuat diri lebih tenang dan menstabilkan emosi.

Baca juga : Membuat Kreasi Kerajinan Dapat Bermanfaat Bagi Pertumbuhan Anak

Intinya Pilih Aktivitas yang Kamu Suka

Kegiatan membuat kerajinan tangan ini sangat banyak dan beragam. Intinya sih pilih yang kamu suka dan kamu betah melakukannya dengan perasaan senang. Kalau tak suka merajut, kamu bisa pilih kegiatan membuat aksesoris. Atau bisa juga kamu mencoba sesuatu yang baru untuk membuatmu lebih semangat beraktivitas.

Tak Perlu Memaksakan Diri

Beri dirimu waktu untuk bisa mengeksplorasi dan benar-benar menikmati hobi  kerajinan tangan. Tak usah memaksakan diri kalau ternyata kamu cuma bisa bertahan kurang dari satu jam untuk melakukan hobi tersebut. Nanti saat sudah menemukan tempo dan ritmenya, kamu akan merasa nyaman dengan sendirinya. Apalagi jika hasil yang kamu buat ternyata memuaskan, kamu pasti bakal tambah nggak sabar untuk membuat yang baru lagi.

Jadi kreasi kerajinan apa yang akan kamu buat ?

TINGGALKAN KOMENTAR