Keladi Air dapat Disulap Menjadi Berbagai Jenis Kerajinan

0
283
Keladi Air dapat Disulap Menjadi Berbagai Jenis Kerajinan

Diskop UMKM Kubu Raya: Keladi Air dapat Disulap Menjadi Berbagai Jenis Kerajinan, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kubu Raya melaksanakan pelatihan keterampilan kerajinan UMKM. Kegiatan tersebut di ikuti sebanyak 50 UMKM dari 2 kecamatan. Diantaranya Kecamatan Sungai Ambawang dan Kecamatan Rasau Jaya .

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 21dan 22 Desember 2016 dalam acara pelatian tersebut mengambil tema peningkatan kemampuan UMKM melalui pemanfaatan tanaman keladi air menjadi suatu produk yang dapat memiliki nilai tambah bagi ekonomi rumah tangga khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Iilik Kurniasih mengatakan, keterampilan tersebut untuk menumbuhkan kreatifitas UMKM yang berkualitas dan mampu dipasarkan.

Disamping itu, dikatakan Lilik kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menumbuhkan wirausaha baru yang dapat melahirkan produk-produk bermutu sebagai home industri.

“Disini kita ingin membangun wirausaha yang produktif, kreatif dan inofatif yang nantinya memiliki industri rumahan yang siap dipasarkan. Sebagai upaya kita untuk mendukung percepatan pembangunan Kubu Raya dari sektor kemajuan ekonomi masyarakat,” terang Lilik.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut peserta dilatih mengolah keladi air menjadi berbagai bentuk kerajinan. Diantaranya, berupa pot bunga, tusuk gigi, tempat tisu dan lain-lain .

“Keladi air ini di tempat kita sangat banyak dan mudah didapatkan bahan bakunya. Keladi air ini juga dapat disulap menjadi berbagai jenis kerajinan yang memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Untuk itulah kita mengadakan pelatihan ini, agar para UMKM Kubu Raya memiliki produk kerajinan alternatif dengan bahan dasar yang ramah lingkungan,” jelas Lilik.

TINGGALKAN KOMENTAR