Kerajinan Cangkang Kerang Cilacap Menjanjikan di Pasar Ekspor

0
850
kerajinan cangkang kerang

Limbah cangkang kerang jika dimanfaatkan ternyata juga mampu memiliki nilai ekonomis. Setidaknya itulah yang dilakukan perajin yang mengubah sampah cangkang kerang menjadi aneka kerajinan bernilai jual tinggi. Bahkan, kerajinan dari limbah tersebut mampu menembus pasar ekspor ke berbagai negara.

Sepanjang Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jawa Tengah, banyak berjejer toko yang menjual aneka buah tangan khas Cilacap. Salah satunya aneka kerajinan dari cangkang kerang berupa hiasan dinding, kerangka lampu, kotak tisu dan jam dinding yang menawan.

Meski berbahan dasar limbah, namun dengan kreativitas, cangkang kerang dapat diubah menjadi ratusan item aneka kerajinan yang laku di pasaran.

Adalah Bambang yang menggeluti pembuatan kerajinan cangkang kerang ini selama bertahun-tahun. Pembuatan kerajinan limbah cangkang kerang ini diawali dengan pembersihan cangkang kerang.

“Aneka jenis cangkang kerang ini, dipasok oleh nelayan yang didapat dari perairan pantai Teluk Penyu. Selanjutnya, cangkang kerang ini dihaluskan dengan gerinda,” tuturnya di Cilacap, Jawa Tengah. Limbah cangkang kerang yang telah bersih itu kemudian di rangkai Bambang di atas media sesuai dengan kerajinan yang akan di buat. Dibutuhkan lem perekat untuk menempelkan cangkang kerang ini agar tidak mudah terlepas.

Tentu dibutuhkan kreativitas dan ketelatenan agar dapat menghasilkan kerajinan yang indah. “Limbah cangkang kerang ini, dapat menghasilkan ratusan jenis aneka kerajinan, seperti hiasan dinding, jam dinding, kotak tisu dan berbagai kerajinan lainnya,” imbuhnya. Berkat keuletan dan kesabaran, kerajinan limbah cangkang kerang ini telah menembus pasar ekspor ke berbagai negara. Selain di ekspor, kerajinan limbah cangkang kerang ini telah merambah di hampir provinsi di Indonesia.

sumber: http://economy.okezone.com

TINGGALKAN KOMENTAR