Kravasia.com Marketplace Batik, Tenun dan Kerajinan Tangan

0
1360
gawangan-batik-kravasia
Kravasia.com

Batik dan tenun merupakan salah satu potensi terbesar ekonomi di Indonesia yang dimotori oleh para pengrajin lokal. Terbukti pada tahun 2015, batik, tenun dan kerajinan daerah juga telah ikut mendorong pertumbuhan Industri kreatif mencapai Rp 642 trilliun atau 7.1 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Akan tetapi pertumbuhan industri batik, tenun dan kerajinan Indonesia belum optimal dikarenakan keterbatasan pengrajin lokal mengenai akses informasi, teknologi serta promosi produk.

Marketplace Kravasia.com

Oleh karena itu, Kravasia menciptakan teknologi dengan tujuan bisa membantu setiap pengrajin lokal mengembangkan bisnisnya secara online. Melalui kravasia.com, PT Kravasia Budaya Indonesia mengembangkan platform ecommerce baru, didalamnya akan terdapat display produk secara digital, dukungan promosi online, serta pendampingan usaha lain seperti edukasi desain produk, layanan pemotretan produk, manajemen penyimpanan, serta layanan pengiriman ke luar negeri.

Founder sekaligus CEO Kravasia.com, Maulana Muhammad menyebutkan, “Didukung oleh perkembangan teknologi yang sangat pesat, kami berharap berdirinya Kravasia dapat ikut memberdayakan industri ekonomi kreatif di Indonesia lewat pengembangan bisnis pengrajin dan memberikan pengalaman belanja batik dan tenun online terbaik kepada customer.”

home page kravasia
Homepage Kravasia

Bertepatan dengan Hari Batik Nasional, Kravasia mulai meluncurkan situsnya dan sudah mulai beroperasi pada tanggal 2 oktober 2016. Bahkan pada hari ini, ribuan produk batik dan tenun dari seluruh pengrajin telah tersedia di marketplace Kravasia.com.

“Kami mencoba memahami masalah yang dihadapi pengrajin dengan mengunjungi kampung batik di Jawa Tengah dan berdiskusi dengan pengrajin di sana. Ternyata masalah utama yang dihadapi pengrajin adalah kesulitan mengembangkan bisnis online karena keterbatasan akses informasi dan promosi produk yang tidak memadai. Permasalahan ini yang ingin diselesaikan oleh Kravasia.” kata Ignasius Ryan, Founder dan COO PT Kravasia Budaya Indonesia.

kravasia value
Halaman Kravasia

Ignasius menambahkan, “Kami juga mengajak pengrajin atau brand batik yang tertarik bergabung di Kravasia untuk dapat melakukan pendaftaran di situs kravasia.com. Prosesnya mudah dan cepat.”

Melalui situs Kravasia.com, customer dapat berbelanja dengan melihat koleksi batik terlengkap dari pengrajin ataupun brand batik yang ada di Indonesia, mulai kemeja dan dress formal hingga batik casual dan produk-produk batik lainnya.

Berbeda dengan situs lain yang juga menjual batik, Kravasia melakukan kurasi ketat untuk memastikan kualitas produk yang akan didaftarkan di kravasia.com. Kravasia juga menawarkan fitur spesial seperti pengembalian gratis, gratis pengiriman, dan pengemasan eksklusif untuk pemesanan sebagai hadiah sebagai nilai tambah bagi customer untuk dapat berbelanja batik di kravasia.com.

pengrajin batik
Pengrajin Batik Kravasia

Dalam jangka waktu 2 tahun, Kravasia mempunyai misi untuk menjadi pusat batik, tenun dan kerajinan tangan yang terbesar di Asia. Untuk mencapai hal tersebut, Kravasia terus melakukan pengembangan fitur untuk memudahkan para pengrajin lokal dalam berjualan di Kravasia.com seperti pengembangan seller center dan peluncuran mobile app. Selain itu Kravasia akan terus melengkapi seluruh produk kerajinan dari seluruh indonesia dengan mengadakan pelatihan pengrajin dan pendampingan usaha di setiap daerah di Indonesia.

Situs marketplace Kravasia ini didirikan oleh Maulana dan Ignasius yang merupakan dua alumni UI dengan segudang pengalaman dibidang teknologi, sebuah terobosan baru yang sangat bermanfaat bagi para pengrajin untuk memanfaatkannya. Semoga produk Indonesia semakin banyak yang membeli dan masyarakat bangga dengan produk dalam negeri.

TINGGALKAN KOMENTAR