Kerajinan Emas dan Perak di Sentra Kerajinan Sendangagung Lamongan

1
1149
emas-sendangduwur
Ilustrasi

Lamongan – Setiap kali mendengar kata Lamongan, maka yang terbersit adalah Kota Wisata Bahari, bukan begitu? Karena Lamongan memang memiliki pantai yang memanjang dari mulai memasuki wilayah kabupaten hingga keluar wilayahnya.

Namun ternyata di Lamongan tidak melulu wisata bahari. Disana terdapat juga sentra kerajinan yang bisa dijadikan tujuan wisata. Terdapat oleh-oleh khas Pantura (pantai utara) yang berupa produk kerajinan emas dan perak di Desa Sendangagung – Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

Desa Sendangagung adalah sebuah desa yang dihuni oleh para perajin tradisional emas dan perak. Boleh dikatakan Desa ini merupakan sentra wisata kerajinan emas dan perak dari Kabupaten Lamongan. Bagi penyuka kerajinan emas dan perak, maka bisa menjadikan sentra wisata kerajinan ini sebagai tempat wisata selanjutnya.

Lokasi sentra wisata kerajinan Desa Sendangagung berada pada jarak 4,5 kilometer dari Wisata Bahari Lamongan. Namun jangan salah, tidak akan ditemukan deretan toko-toko yang menjual hasil kerajinan emas dan perak, karena produk kerajinan ini bisa ditemukan langsung pada rumah-rumah industri perajinnya.

Jenis-jenis hasil kerajinan di Sendangagung berupa cincin, kalung, gelang, anting-anting, giwang dan sejenisnya. Rata-rata lebih merupakan perhiasan dan souvenir, yang juga bisa dijadikan oleh-oleh dari berbagai kegiatan.

Harga untuk kerajinan emas dan perak dari Sendangagung berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tentu saja, harga emas dan perak kerajinan di Sendangagung memiliki harga pasar dan juga ditentukan oleh harga bahan dasar emas serta peraknya. Kwalitas produk kerajinan tidak akan mengecewakan, karena semua berdasar pilihan pembelinya sendiri.

Bentuk wisata lain yang ditawarkan oleh Sendangagung adalah melihat proses produksi kerajinan emas dan perak ini langsung dirumah para perajin. Para perajin dengan senang hati akan menerangkan dari mulai desain hingga proses pembuatan dan menjadi hasil produk kerajinan.

Jadi kalau Anda berwisata ke Lamongan, tidak ada salahnya untuk mengunjungi sentra kerajinan Sendangagung selain mengunjungi kawasan Wisata Bahari Lamongan dan Mazola. Pastikan Anda menikmati proses pembuatan kerajinan emas dan perak, dan membeli berbagai kerajinan sebagai oleh-oleh.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR