Miniatur Diorama Rumah Hasil Kerajinan Tangan Yano Sukmana

1
2562
Miniatur Rumah
Miniatur Rumah

Indonesia, memang gudangnya pengrajin handal. Terutama kerajinan hasil ketelitian tangan, ulet dan rapi. Banyak sudah pengrajin Indonesia yang karyanya memiliki nilai mahal dalam komoditi industri kerajinan di dunia. Bakat-bakat seni bertebaran seantero nusantara karena begitu banyaknya kebudayaan dalam satu wilayah negara kita ini.

Nama lengkapnya Yano Sukmana. Seorang pria yang masih bekerja ditempat lain ini memiliki kegemaran membuat miniatur diorama rumah maupun bangunan-bangunan lainnya. Ia membuat miniatur rumah, masjid, rumah adat dan lain-lain. Dalam obrolan singkat Yano bercerita bahwa kegemarannya ini dimulai saat merasakan banyak waktu luang yang dimilikinya.

Menjual Melalui Sosial Media

Saat selesai membuat sebuah miniatur, datang tetangganya yang membeli hasil kerajinan miniatur rumahnya tersebut. Semenjak itu Yano mulai terpikir bahwa kegemarannya ini bisa memiliki nilai jual, maka perlahan dia memperkenalkan produk kerajinan miniatur diorama rumah hasil tangannya ke banyak orang. Melalui sosial media dan dari mulut ke mulut, perlahan Yano berhasil mengirimkan produk kerajinannya ke berbagai daerah di Indonesia.

Sudah lebih dari 50 kerajinan miniatur diorama rumah yang dibuatnya, terjual dan mendapatkan tanggapan kepuasan dari para pembelinya. Sehingga membuat Yano semakin bersemangat untuk membuat lebih banyak lagi, oleh karenanya Yano juga menerima pemesanan miniatur diorama rumah sesuai dengan kemauan pemesan. Semua miniaturnya rata-rata memiliki skala 1:60 dan skala 1:36.

“Melalui sosial media saya banyak terbantu mendapatkan pembeli, sangat membantu”, kata Yano.

Harga dan Waktu

Yano menuturkan bahwa harga untuk sebuah kerajinan miniatur diorama rumah bisa berbagai macam, mulai 100.000,- rupiah hingga jutaan. Sangat bergantung pada tingkat kesulitan miniatur yang dikerjakannya. “Karena semakin sulit maka biasanya semakin lama waktu pengerjaannya dan juga biasanya menambah banyak bahan, ini berpengaruh pada harga”, lanjut Yano.

Waktu pengerjaan biasanya memakan waktu paling cepat 2 hari kerja dan paling lama seminggu waktu kerja. Oleh karenanya pemesan butuh untuk memahami waktu pengerjaan serta tingkat kesulitan miniatur diorama rumah yang diinginkannya.

Para pemesan maupun pembeli kerajinan miniatur miliknya ini rata-rata menggunakannya sebagai koleksi. Dengan bentuk rumah yang berbagai macam, tentu seorang kolektor akan sangat menyukai untuk koleksinya. Dan tidak ada satupun produk kerajinannya bisa sama persis, karena dibangun melalui kerajinan tangan.

Ingin menemui atau memesan kerajinan miniatur diorama rumah, Anda bisa menghubunginya di alamat berikut ini: Yano Sukmana, Alamat Gang Tagog 2 Sukaasih Rt03 Rw 09, Bandung, hp 085795459980.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR