Desa Wisata Tembi, Wisata Kerajinan dan Kebudayaan

0
774
Rumah-Inap-di-Desa-Wisata-Tembi

Desa Wisata Tembi, atau yang juga familiar dengan sebutan “Dewi Tembi”, adalah sebuah lokasi wisata berbasis pedesaan yang terletak di Jl. Parangtritis kilometer 8.5, Sewon, Kabupaten Bantul – Yogyakarta. Lokasi desa wisata Tembi ini sangat dekat dengan pusat keramaian kota Yogyakarta yaitu Malioboro. Dengan hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk mencapainya.

Berdirinya Tembi sebagai sebuah desa wisata, tak lepas dari gagasan unik menteri kebudayaan Indonesia yang melihat potensi hebat yang dimiliki oleh desa Tembi. Selain sebagai sebuah desa yang memiliki banyak pengrajin dan produk kerajinan, bisa sekaligus dimanfaatkan untuk pariwisata domestik dan mancanegara. Maka berdirilah desa wisata Tembi berikut dengan pembangunan rumah-rumah inap untuk wisatawan.

Bagi siapapun yang belum pernah mengunjungi desa Tembi ini tidak perlu takut sulit menemukan lokasinya, karena untuk menuju desa Tembi cukup mengarah ke jalan parangtritis maka akan menemukan sebuah plang besar bertuliskan TEMBI di kilometer 8,5. Maka Anda sudah sampai di lokasi.

Dewi Tembi memiliki fasilitas dan layanan seperti resepsionis, rumah nginap dan juga area yang luas untuk bermain, berwisata dan bersosialisasi dengan warga Tembi yang akan menerima dengan ramah. Desa wisata Tembi memiliki rumah inap sebanyak 38 rumah, yang dibangun dengan model arsitek khas pedesaan, sesuai dengan tujuannya yaitu wisata pedesaan.

Selain itu juga ada Rumah Budaya Tembi yang memiliki lahan seluas 3000 meter persegi dan memiliki beberapa ruangan seperti Pendopo, Galeri dan sebuah perpustakaan. Di tempat ini kita bisa melihat pembuatan aneka kerajinan khas Yogjakarta seperti keranjang anyaman dan aneka dompet. Bila ingin belajar membatik, maka bisa langsung diajari oleh para pembatik berpengalaman.

Selain membatik, kita juga bisa melihat-lihat aneka perabotan tradisional seperti keris, peralatan dapur, dan aneka senjata. Foto siklus hidup masyarakat Jawa seperti mitoni, Tedhak Siten, Tetakan, Supitan dan Manten juga bisa Anda lihat di rumah Budaya Yogjakarta ini. Dengan adanya rumah budaya ini, diharapkan pengunjung mendapat informasi yang bermanfaat tentang apa itu kebudayaan Jawa.

Desa Wisata Tembi sudah banyak dikunjungi oleh berbagai wisatawan baik dalam maupun dari luar negeri. Jadi, kapan giliran Anda?

Selamat berkunjung ke Desa Tembi

TINGGALKAN KOMENTAR