Si cantik Kelom Geulis dari Tasikmalaya

1
1047
kelom geulis
kelom geulis

Salah satu produk andalan Kota Tasik ialah Kelom Geulis Tasikmalaya. Kelom Geulis diambil dari bahasa Belanda yaitu ‘kelompen’ yang artinya sandal kayu. Sedangkan istilah Kelom Geulis Tasikmalaya sendiri berasal dari bahasa sunda yang berarti sandal kayu cantik dan, atau elegan.

Sandal kelom biasanya di pakai untuk acara hajatan ataupun acara resmi. Kelom Geulis Tasikmalaya terbuat dari kayu mahoni atau albasia. Kelom Geulis ini di buat secara manual dengan menggunakan tangan. Agar tampak menarik, kelom di berikan hiasan. Hiasan kelom umumnya adalah hiasan ukiran dengan motif bunga. Sekarang ini, terdapat juga kelom geulis dengan menggunakan hiasan cat air brush dan juga hiasan batik atau yang lebih di kenal dengan kelom batik.

Trick pengerjaan kelom geulis terdiri dari beberaepa langkah. Mula-mula, kayu mahoni/albasia dipotong pas wujud alas kaki dulu di serut & di rapikan dgn memakai golok. Sesudah itu di kelom di keringkan dengan cara di jemur di bawah sinar matahari.

Cuaca amat berperan utama dalam pengeringan kelom lantaran kadar air dari dalam kayu sebagai bahan baku kelom haruslah rendah. Maka bila di periode penghujan para pengrajin merasa kesulitan untuk mengeringkannya. Sebagai alternatif lain untuk menghadap ketidak pastian cuaca, pengrajin kelom geulis memanfaatkan oven.

Sesudah kering, kelom di haluskan dengan cara di gerinda. Supaya pori pori kayu hilang, kelom di beri cat basic dulu di cat secara di semprot & di keringkan. untuk pengikat kaki, kelom di beri tali. Tali yg di pakai adalah tali dari kulit maupun beludru.

Kerajinan Kelom Geulis Tasik tidak sedikit di produksi juga sebagai Home Industri. Sentra produksi kerajinan Kelom Geulis Tasik terdapat di Desa Setiamulya, Mulyasari, Kersanegara, Sukahurip, Sumelap. Kelom Geulis Tasik ternama tak cuma dalam cakupan nasional namun serta internasional. Kelom Geulis Tasik sudah di ekspor ke wilayah Asia Tenggara, Korea, Jepang, Afrika, Panama, Timur Tengah & sebahagian wilayah Eropa.

[xyz-ihs snippet=”Kerajinan-Indonesia”]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR