Kerajinan Besi Putih Khas Maluku Utara

0
1427
Besi Putih Morotai

Kerajinan besi putih khas Maluku Utara berasal dari daerah Pulau Morotai. Menurut legenda setempat, asal mula munculnya besi putih adalah dari rongsokan-rongsokan bangkai pesawat, kapal laut dan berbagai macam peralatan perang tentara Jepang yang pada jaman perang dunia II kalah oleh tentara Sekutu. Dari benda-benda itulah masyarakat setempat membuat berbagai macam perhiasan seperti kalung, gelang dan lainnya.

Gelang Besi Putih

Menurut masyarakat setempat kerajinan besi putih khas Maluku Utara dengan produk aksesoris seperti anting-anting, kalung, gelang dan cincin memiliki keunggulan dibandingkan dengan kerajinan logam lainnya. Seperti anti karat dan lebih awet.

Kerajinan besi putih khas Maluku Utara ini menjadi daya tarik wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara selain keindahan wisata pantai dan musik daerah. Berdasar pantauan penulis, peningkatan pendapatan dari kerajinan besi putih ini mulai terasa semenjak terjadi demam batu akik melanda nusantara. Pengrajin besi putih ini pun merasakan imbasnya dengan kenaikan pendapatan yang signifikan.

Gelang Kerajinan Besi Putih

Banyak pengunjung maupun pebisnis dari luar daerah terutama seperti Jakarta berdatangan untuk mendapatakan kerajinan batu putih ini untuk kemudian dijadikan cindera mata maupun di jual kembali ke daerah lain.

Pemerintah Maluku Utara membangun pariwisata dengan salah satunya mengadakan kegiatan “Sail Morotai”, yang tentunya juga ikut meningkatkan gairah pasar dari kerajinan besi putih ini. Kerajinan besi putih merupakan kerajinan asli hasil karya anak bangsa dari timur.

Pattimura – Ambon – Maluku, 10/06/16

TINGGALKAN KOMENTAR