Kerajinan Keramik asal Tabanan menembus Mancanegara

0
667
kerajinan-keramik

Kerajinan keramik yang dihasilkan perajin asal Kabupaten Tabanan, Bali, mampu menembus pasar mancanegara seperti Amerika Serikat (AS), Prancis, Inggris, Jerman, Australia, Swedia, Jepang, hingga Malaysia.

“Permintaan ekspor kerajinan itu cukup banyak karena kualitas barang yang dihasilkan bagus dan memiliki keunikan tersendiri,” kata Kepala Seksi Ekspor Impor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tabanan Bali Agung Pramono, di Tabanan, Senin (6/7/2015).

Ia mengatakan, keunikan kerajinan keramik asal Tabanan ini, yakni memiliki motif khas Bali, ornamen khas Bali, dan ukiran khas Bali yang dibuat pada benda itu sehingga menarik pasar dunia akan barang tersebut.

Untuk jumlah ekspor kerajinan keramik asal Tabanan yang dikirim ke luar negeri, lanjut dia, sudah mencapai 17.340 pcs dengan hasil penjualan senilai Rp754,6 juta sejak Januari hingga Mei 2015.

Dari total penjualan dan jumlah ekspor kerajinan keramik tersebut, masih kata Agung, pihaknya mencatat sebanyak lima perajin yang sudah berkembang pesat seperti CV Tantri S Keramik yang sudah mengekspor 16.340 pcs dengan pendapatan Rp326,8 juta.

Kemudian, CV Keramik Pejaten yang mengekspor 500 pcs dengan pendapatan Rp15 juta, Cemara Keramik (500 pcs, Rp200 juta), Dwisula (Rp136,68 juta) dan Mika Keramik Potri (Rp76 juta). “Untuk hiasan keramik yang dipesan negara tersebut digunakan akomodasi SPA dan perhotelan maupun hiasan dinner set atau meja makan,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR