Hamparan Kerajinan Mutiara Memanjakan Mata di Sekarbela

0
409
kerajinan mutiara
kerajinan mutiara

South Sea Pearl adalah sebuah mutiara khusus di budidayakan di Lombok yang konon dikenal sebagai mutiara terbaik di dunia.

Di sebuah desa tidak jauh dari lombok adalah terletak sebuah desa bernama Sekarbela, sebuah desa yang bisa dicapai sepuluh menit dari kota Mataram Lombok. Desa Sekarbela ini terkenal akan kerajinan mutiaranya. Di kawasan desa ini anda akan menemukan deretan toko perhiasan yang sungguh menawan hati dan menggoda untuk membeli ataupun sekedar melihat lihat di sepanjang Jl. Sultan Kaharudin.

Pada jaman dahulu, desa Sekarbela hanyalah merupakan area persawahan, namun kini telah di alih fungsikan sebagai kawasan pengrajin kerajinan mutiara dan emas. Sebagai pengganti dari lahan sawah tersebut kini bisa terlihat hamparan toko perhiasan yang menyajikan hasil kerajinan mutiara warga setempat.

Mutiara yang di gunakan dalam membuat kerajinan mutiara di Sekarbela ini adalah merupakan mutiara hasil budidaya, baik di air laut maupun air tawar. Mutiara hasil budidaya di indonesia pada umumnya memiliki tiga macam warna, yaitu putih, perak dan emas. Terlebih mutiara yang dikenal dengan sebutan South Sea Pearl adalah sebuah mutiara khusus di budidayakan di Lombok yang konon dikenal sebagai mutiara terbaik di dunia. Hal ini disebabkan karena teksturnya yang unik, dengan warna yang lebih creamy. Untuk harga, mutiara dari budidaya air laut memiliki harga yang lebih tinggi daripada mutiara air tawar yang dimulai dari harga ratusan ribu per itemnya.

Produk kerajinan mutiara yang sering terdapat dalam display galeri perhiasan di Sekarbela adalah sangat beraneka ragam, mulai dari aksesoris seperti gelang, kalung, bros, anting dan berbagai macam lainnya, baik yang terbuat dari mutiara laut maupun air tawar, dan berbahan emas ataupun perak. Akan tetapi dari sekian banyak jenis dan bentuk, produk kerajinan mutiara yang paling digemari pengunjung adalah perhiasan yang di beri modifikasi seni ukir diatas emas disertai kilauan mutiara.

TINGGALKAN KOMENTAR