7 Ide Membuat Kerajinan Lampu Hias

10
16492
kerajinan lampu hias

Untuk membuat rumah terkesan lebih menarik dengan dekorasi yang unik, ada berbagai cara untuk dapat mewujudkannya dan salah satunya dengan memanfaatkan barang bekas maupun bahan yang sudah tersedia dalam rumah, nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat kerajinan lampu hias yang unik dan cantik yang tentunya dengan bahan yang hampir mudah di jumpai.

Kerajinan lampu hias sendiri mempunyai dua sifat yaitu fungsionalis dan decoratif, di lihat dari fungsinya lampu tentunya memiliki kegunaan untuk sumber penerangan di malam hari dan jika di lihat dari sisi decoratif tentunya akan memberi kesan yang cantik pada ruangan anda, untuk penempatannya sendiri lampu hias dapat di letakan pada kamar tidur, teras maupun ruang tamu.

1. Kerajinan Lampu Hias dari Bambu

kerajinan lampu hias

Siapa yang tidak mengenal tanaman bambu? Tumbuhan tinggi menjulang dengan berbagai manfaat ini sangat mudah di temukan di seluruh pelosok negeri kita ini. Pohon bambu saat ini menjadi komoditas kerajinan yang menarik.

Karena dikenal dengan daya tahan dan kelenturannya yang luar biasa, bambu banyak di gunakan menjadi bahan baku berbagai macam kerajinan. Seperti salah satunya adalah produk kerajinan lampu hias.

2. Lampu Hias dari Pelepah Kelapa

kerajinan lampu hias

Pelepah kayu pohon kelapa yang biasa ada di pelataran rumah warga, sering dianggap tak berguna bagi kita. Namun, dengan sedikit kreativitas kita bisa membuat berbagai kerajinan dari pelepah kelapa tersebut, Salah satunya kita bisa membuat kerajinan lampu hias.

Untuk membuat nya tentu saja tidak biasa menggunakan pelepah kayu kelapa sembarangan.

Ada kriteria khusus, di antaranya menggunakan pelepah yang muda atau setengah kering. Karena, jika terlalu kering, maka pelepah yang akan dijadikan karya ini akan mudah patah.

Proses pembuatannya pun cukup mudah. Usai menyeleksi serabut pelepah yang dibutuhkan, maka yang dilakukan adalah membuat pola. Pola ini dibuat dari kertas karton dengan bentuk sesuai dengan benda yang diinginkan. “Setelah itu baru serabut pelepah ditata di atas kertas karton. Penataannya dengan cara ditumpuk hingga berlapis dan tebal.

Proses pengeleman dan pressing menjadi tahap selanjutnya. Pengeleman ini dilakukan dengan menggunakan lem kayu. Baru tahap terakhir adalah finishing dengan menyemprotkan cat piloks agar serabut pelepah tampak mengkilap.

Baca juga:
Kap lampu dari pelepah kelapa, skreasi etnik menarik dari pulau dewata

Bisnis Kerajinan Tangan Berkonsep Craft Indie

3. Lampu Hias dari Sedotan

kerajinan tangan dari sedotan
Kerajinan tangan dari sedotan, sangat banyak sekali jenis nya baik itu berupa hiasan, ornamen, maupun produk yang memiliki manfaat untuk kehidupan sehari-hari, salah satu kreasi yang bisa di buat dari sedotan adalah lampu hias, kenapa lampu hias karna kreasi satu ini sangan banyak sekali peminat nya, juga selain itu cara membuat nya cukup mudah.

Cara membuat lampion dari sedotan:

  • Pertama Anda harus membuat kawat persegi Anda menjadi berbentuk tabung.
  • Buat kawat tambahan untuk rangka di dalam supaya kuat.
  • Buat tempat lingkaran berpusat di dalam tabung untuk tempat lampu nantinya.
  • Masukkan sedotan bekas Anda mengikuti lubang dari kawat secara beruntun, dengan cara seperti menyulam (keluar-masuk).
  • Lakukan secara terus menerus, sehingga seluruh permukaan bagian lampion dari kawat ini terbungkus dengan sedotan.
  • Setelah selesai, rapikan dengan memotong sedotan bagian luar dan dalam lampion dengan gunting.

Untuk akhiran Anda bisa membuat penutup dasar dan atas tabung dengan kawat juga, ataupun dengan kertas biasa. Sesuai keinginan Anda. Sekarang tinggal merangkai lampu Anda, kemudian letakkan di bagian mana yang Anda inginkan.

4. Lampu hias dari Sendok Plastik

Kreasi Sendok Bekas

Apa yang bisa dikreasikan dengan sendok? Ternyata sendok bekas bisa dibuat untuk hiasan lampu yang bagus dan kerlap kerlip. Hiasan lampu ini bisa digunakan untuk lampu belajar, lampu tidur dan juga lampu ruang tamu, sehingga memperindah suasana didalam rumah. Meskipun dikemudian hari banyak juga pengrajin yang membuatnya dengan sendok baru, namun pada dasarnya sendok-sendok bekas pun bisa digunakan. Asyik bukan?

5. Lampu hias dari Stik Es Krim

kerajinan dari stik es krim

Sama seperti hal nya kerajinan dari sedotan, kerajinan dari stik es krim juga tidak kalah peminat nya, para pengrajin sudah banyak yang menggunakan bahan yang satu ini stik es krim di pilih karna harga nya yang murah serta bentuk nya yang mudah di bentuk dak motif nya sama dengan kayu, berbagai kerajinan dapat dibuat dari stik eskrim ini, salah satuya lampu hias dari stik es krim ini cara membuat nya juga tergolong mudah.

Ditangan yang kreatif, stik es krim yang sudah tidak terpakai bisa menjadi sebuah karya kerajinan yang sangat indah dan minimalis. Stik es krim bisa berubah bentuk menjadi kerajinan yang bernilai.

 

6. Lampu Hias dari Botol Bekas

lampion-dari-botol-bekas

Kamu bisa membuat kerajinan tangan dari barang bekas. Salah satu barang bekas yang bisa dijadikan kerajinan tangan adalah botol bekas. Botol bekas termasuk limbah plastik yang sulit untuk di urai dan saat ini banyak sekali produk minuman yang menggunakan botol dari plastik.

Banyak kerajinan tangan yang dapat dibuat dengan menggunakan botol bekas begitu juga dengan lampu hias pun dapat di buat nya dari botol bekas.

“Baca juga 10 Kreasi unik dari Botol Bekas

7. Lampu Hias dari Benang

kerajinan lampu hias

Kamu juga bisa membuat lampu hias dengan berbagai karakter lucu dari benang, cara membuat nya juga tidak sesulit yang kamu bayangkan, memang terlihat ribet jika di lihat, tapi jika sudah di coba mudah kok, intinya kita harus cermat dan sabar dalam melilit benang dan memberikan lem, Benang yang biasa di gunakan adalah benang tebal atau wol yang di kombinasikan dengan kain flanel dan balon sebagai cetakan. Berbagai karakter unik dan lucu bisa kamu buat seperi tokoh-tokoh kartun, binatang dan bentuk unik lain nya.

Itulah beberapa ide membuat kerajinan lampu hias yang bisa kamu coba, semoga bisa menambah inspirasi kamu dalam berkarya. Jika kamu punya berbagai kreasi kerajinan bisa share kepada kami lewat kolom komentar di bawah.

Terimakasih dan salam kreative.

10 KOMENTAR

  1. Wah lampu hiasnya sangat unik dan bagus…ini membuat saya terinspirasi untuk mencoba membuatnya sendiri, ini sangat bermanfaat sekali…Luar biasa, pilihan lampu hiasnya juga sangat beragam terimakasih ya telah berbagi informasi…

TINGGALKAN KOMENTAR