Kerajinan Boneka Tangan untuk Pendidikan hingga Meraup Jutaan Rupiah

1
1064
kerajinan boneka tangan

Boneka begitu lekat dengan anak-anak. Sebut saja boneka-boneka populer seperti Barbie, Doraemon atau boneka bertemakan superhero. Tapi sepertinya masih jarang yang mengenal boneka tangan. Padahal, selain sebagai mainan, boneka tangan juga bisa menjadi media pembelajaran alternatif untuk mengembangkan kreativitas anak.

berbagai macam boneka tangan
berbagai macam boneka tangan

Berangkat dari kondisi tersebut, Ganata Education and Talent Centre yang biasa memberikan pengajaran privat dan home schooling untuk anak-anak, mencoba berkreasi dengan membuat kerajinan boneka tangan, tidak hanya menyalurkan kegemarannya membuat aneka kerajinan tangan, dosen mata kuliah Pembelajaran Komputer bagi Anak usia dini dan Keterampilan Musik bagi Anak Usia Dini ini juga mencoba untuk membantu perkembangan dunia pendidikan untuk anak usia dini Indonesia.

“Saya melihat media pembelajaran boneka tangan untuk anak memang masih sangat minim, padahal boneka tangan sebagai alat untuk bercerita, mendongeng, di mana anak sangat suka sekali dengan kegiatan tersebut. Boneka tangan yang saya lihat masih sangat sedikit modelnya kemudian harganya masih mahal. Oleh karena itu, saya terinspirasi untuk membuat kerajinan boneka tangan dengan model yang sangat variatif dan harga yang terjangkau. saya memang dari sekolah suka kerajinan, buat-buat boneka sendiri.

Saya mulai buat boneka tangan tahun 2008, bekerja sama dengan produsen boneka dekat rumah. Nah, seiring dengan berjalan boneka tangan, saya juga melihat kostum anak terutama dulu itu kostum binatang, masih mahal sekali. saya ingin buat yang harganya terjangkau lah, yang bisa dipakai anak di sekolah mana pun, tapi tetap anak nyaman, menarik, sehingga pembelajaran drama, atau tari, dll lebih menarik dari kostum binatang, berkembang ke kostum profesi, kemudian sekarang ke baju adat”, cerita Grace, pendiri dan pengelola Ganata Education and Talent Centre yang beralamat di JL. Kopo, Blok Q No.8, Kompleks Sukamenak 40227.

. kerajinan boneka tangan

Grace yang mengawali usahanya dengan modal hanya 500 ribu, kini telah mampu mendapatkan omzet yang cukup besar. “Untuk boneka tangan kami bisa mendapat omzet sekitar 10-30 juta per bulan, sedangkan untuk kostum anak/ pakaian adat 10-50 juta, mudah-mudahan bisa naik terus. Amin. Kami masih merintis”, ungkapnya.

Namun bagi Grace, omzet bukan hal pertama yang menjadi perhatiannya. Dia ingin mendirikan toko offline sendiri yang dapat membantu pendidikan anak Indonesia. “Saya ingin punya ruko offline sendiri, di mana lengkap dengan fasilitas pelatihan mendongengnya, musik juga, sehingga keinginan saya untuk turut dalam pendidikan anak indonesia walau di belakang layar bisa lebih baik lagi, mungkin nanti ujungnya ke omzet tapi biar itu mengikuti saja” jenis-jenis boneka tangan yang dibuatnya tidak tersedia di pasaran.

boneka jari berbentuk binatang
boneka jari berbentuk binatang

Ketika mengintip koleksinya, apa yang dikatakan Grace memang tidak berlebihan. Berbagai koleksi boneka tangan dari mulai gajah, harimau hingga ikan paus tersedia. Beragam warna yang memikat dan terbuat dari bahan yang lembut. “Koleksi kita sampai sekarang sudah ada 40 an model. Satu model bisa terdiri dari beberapa warna dan ukuran,” sambung Grace.

Menyoal alasan dipilihnya kerajinan boneka tangan sebagai produk mainan Ganata, Grace menuturkan boneka tangan memiliki fungsi komunikasi yang lebih efektif ketimbang buku atau mainan-mainan lain. “Sebenarnya mainan edukatif banyak, hanya saja kalau boneka tangan apa yang disampaikan guru ke murid atau orang tua ke anak jauh lebih mudah dicerna. Dengan boneka tangan juga, anak bisa lebih mudah menginterpretasi objek-objek yang diajarkan di sekolah dan di rumah. Seperti binatang, tanaman atau lain-lainnya,” tutur Grace.

Uniknya lagi, selain menyediakan bentuk kecil, Ganata juga menyediakan jual boneka tangan yang memiliki detil sangat mirip dengan wujud objek aslinya. “Kita memiliki dua tipe boneka, yang ukuran kecil dan ukuran besar. Kalau yang ukuran besar kita buat detilnya secara teliti sehingga mirip dengan wujud aslinya. Baru-baru ini kita buat kerajinan boneka tangan besar model anjing. Baru dilaunching langsung banjir pesanan. Grace membuat dan memasarkan boneka ini di dunia maya sejak empat tahun lalu.

boneka jari keluarga
boneka jari keluarga

Perempuan yang juga dosen pendidikan anak itu memilih produksi boneka  karena bisa menjadi permainan yang mendidik. Pangsa pasar terbesar Grace adalah kaum ibu yang memiliki anak berusia lima tahun ke bawah. Selain itu, Grace memiliki pelanggan dari pengelola play group,taman kanak-kanak (TK), hingga sekolah dasar (SD). “Boneka  ini sangat baik dimainkan saat anak mulai belajar bicara,” katanya Pembeli boneka tangan buatan Grace berasal dari berbagai kota, seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Medan, hingga Papua.

“Sejak tahun lalu pembeli ada yang datang dari Malaysia dan Brunei Darussalam,” jelas Grace. Grace saat ini membuat lebih 50 macam boneka tangan. Setiap jenis memiliki harga berbeda, tergantung model, ukuran, dan kerumitan pembuatan. Contoh, untuk boneka tangan model hewan ukuran 30 sentimeter (cm) x 15 cm dijual Rp 15.000 per buah. Selain model hewan, ada model juga boneka yang dibuat seperti dokter, tentara, polisi, dan lain sebagainya.

Nah, boneka dengan jenis seperti ini tentu pembuatannya juga lebih rumit. Karena itu, Grace melepas boneka ini hingga seharga Rp 150.000 per buah. Menurut Grace, cara membuat boneka ini seperti membuat boneka biasa. Bahan-bahan utamanya juga sama, yakni kain jenis velboa dan nylex. Setiap hari, bersama lima karyawannya, Grace memproduksi 200 boneka. Dengan produksi sebanyak itu, dalam sebulan Grace mampu meraup omzet hingga Rp 60 juta dengan laba sekitar 30%-50% dari omzet. “Jumlah produksi naik 50% dari tahun lalu,” katanya.

1 KOMENTAR

  1. Suka sama blognya, penuh inspirasi. Banyak banget yang bisa dicoba dibuat dirumah kerajinan untuk media bermain bersama anak.

    Infonya bermanfaat. 🙂

    Salam hangat,
    Zia

TINGGALKAN KOMENTAR